ABSTRAK
Fawaid Zaini, 2013. Efektivitas kantin kejujuran dalam membentuk
karakter peserta didik studi kasus di Yayasan Taufiqurrahman Desa Longos
Kecamatan Gapura Kabupaten Sumenep tahun 2012/2013. Sekolah Tinggi
Islam Al Karimiyyah ( S T I A) Program Studi Kependidikan Islam Braji, Gapura,
Sumenep
Kata Kunci: Kantin Kejujuran dan Karakter Peserta Didik
Kantin
kejujuran merupakan upaya untuk mendidik akhlak siswa agar berperilaku
jujur.Kantin kejujuran adalah kantin yang menjual segala kebutuhan anak didik
baik berupa makanan,minuman serta segala perlengkapan siswa baik berupa alat
tulis menulis maupun buku tulis.Semuanya dipajang dalam etalase kantin
kejujuran tanpa ada penjaga,sebagaimana lazimnya sebuah kantin yang kita kenal
selama ini. Karakater
sebaimana arti dasar yaitu karakter
adalah budi pekerti, akhlak, moral, afeksi, susila, tabiat, dan watak.
Maka dalam hal ini lebih dikhususkan kepada sebuah karakater yang harus
dimiliki oleh peserta didik yang mana hal tersebut ditanamkan tidak hanya pada
ranah pendidikan dalam kelas akan tetapi ada aplikasi langsung di lapangan
dengan dibentuknya kantin kejujuran yang tujuannya agar peserta didik dapat
mengamplikasikan nilai-nilai karakter kejujuran.
Skripsi ini membahas tentang efektivitas kantin kejujuran dalam
membentuk karakter peserta didik yang ada di Yayasan Taufiqurrahman di Desa
Longos Kecamatan Gapura Kabupaten Sumenep. Yang mana kantin kejujuran ini
sebagai tolak ukur dari berhasil tidaknya pendidikan karakter yang telah
direalisasikan dalam ranah pendidikan sekolah. Fokus penelitian ini yaitu pada,
1.Realisasi kantin
kejujuran dalam membentuk karakter peserta didik. 2. Bagaimana pengelolaan
kantin kejujuran dalam membentuk karakter peserta didik di Yayasan
Taufiqurrahman
Adapun metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Dalam konteks
ini, metode yang digunakan dalam menganalisis data yakni dengan menggunakan
analisis deskriptif kualitatif. Sumber data dalam riset ini adalah ketua
yayasan, tenaga pendidik, peserta didik, karyawan kantin dan tokoh masyarakat
dan dokumen-dokumen kantin kejujuran yayasan Taufiqurrahman. Adapun teknik
pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian
ini menunjukkan bahwa peran kantin kejujuran dalam membentuk karakter sangatlah
segnifikan. Namun yang perlu diperhatikan juga bahwa penerapan kantin kejujuran
tidaklah segampang membalikkan tangan akan tetapi perlu terus memotivasi
peserta didik supanya berperilaku jujur disamping juga adanya manajemen yang
efektif dan efesien.
Penerapan
manajemen yang efektif dan efesien merupakan hal mutlak yang harus pengurus
kantin kejujuran perhatikan, karena hal ini juga akan menjadi barometer
keberhasilan penerapan kantin kejujuran.
Posting Komentar