Latest Movie :

PERANAN BAHAN AJAR BAGI SEORANG GURU*
Oleh : Fawaid Zaini 


Guru dikatakan sebagai seseorang yang mengelola kegiatan pembelajaran bagi para peserta didiknya. Segala sesuatu yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran di dalam kelas menjadi wewenang dan tanggung jawab guru. Sumber belajar, metode dan bahan ajar semuanya ada ditangan guru dalam artian guru disini sebagai fasilitator belajar anak.
Sebagai fasilitator tentu desain atau model pembelajran tergantung pada bagaimana kereasi dari seorang guru, tentu dalam hal ini yang tidak bisa terlupakan yaitu bahan ajar. Sehingga antara bahan ajar dengan metode bagaikan dua sisi mata uang yang tidak bisa terpisah satu sama lain.
Bahan ajar adalah  segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/instruktor dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas. Sedangkan  menurut Pannen (1995) Bahan ajar adalah bahan atau materi pelajaran yang disusun secara sisitematis, yang digunakan  guru dan siswa dalam proses pembelajaran.
Pendapat yang lain mengatakan ajar adalah bahan-bahan atau materi pelajaran yang disusun secara sistematis, yang digunakan guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Bahan ajar sangat penting artinya bagi guru maupun siswa dalam proses pembelajaran. Tanpa bahan ajar akan sulit bagi guru untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Demikian pula bagi siswa, tanpa bahan ajar akan sulit untuk menyesuaikan diri dalam belajar, apalagi jika gurunya mengajarkan materi dengan cepat dan kurang jelas (Belawati, 2007).
Jenis-jenis bahan ajar meliputi:
1.      Bahan ajar pandang (visual) terdiri atas bahan cetak (printed) seperti antara lain handout, buku, modul, lembar kerja siswa, brosur, leaflet, wallchart,
2.      foto/gambar, dan non cetak (non printed), seperti model/maket.
3.      Bahan ajar dengar (audio) seperti kaset, radio, piringan hitam, dan compact disk audio.
4.       Bahan ajar pandang dengar (audio visual) seperti video compact disk, film.
5.       Bahan ajar multimedia interaktif (interactive teaching material) seperti CAI (Computer

Bahan ajar  yang dibuat oleh guru memegang peranan penting dalam proses pembelajaran. Pasalnya dengan bahan ajar yang dibuat oleh guru itulah proses pembelajalaran akan lebih terarah dan kenak pada sasaran. Ada berbagai manfaat yang bisa dipetik dari adanya bahan ajar ini,diantaranya:
1.      Ketersediaan materi/bahan sesuai dengan tuntutan kurikulum. Dengan demikian hal ini akan membantu mempermudah proses pembalajaran. Tentu bahan yang disediakan ini harus sesuai dengan kompetensi dasar yang dipersayaratkan serta sesuai dengan kondisi dan heterogenitas kemampuan inteletual (kogniti) siswanya
2.      Menambah ketersediaan bahan ajar sebagai alternatif sumber belajar; dengan demikian akan tersedia berbagai ragam sumber belajar dari berbagai sudut pandang atau tinjuan.
3.      Membantu guru dalam pelaksanaan pembelajaran terutama dengan pengembangan materi yang menurut guru sesuai dengan pembentuk kompetensi; dengan demikian kegiatan pembelajaran akan lebih efesien dan efektif
4.      Keberadaan bahan ajar akan menambah nuansa referensi dengan versi yang lain, yang tentu akan dengan kondisi dan situasi pembelajaran yang ada dan suasana pembelajaranyang disusun dan dirancang guru
5.      Bahan ajar ini akan membangun komunikasi yang lebih pas antara guru dengan siswanya(berkaitan pola interaksi pembelajarannya); sebab dengan bahan ajar yang ada akan mambtu guru membuat acuan, kesepakatan tentang bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran, dengan demikian maka akan terbangun komunikasi yang ideal dan nyaman selama kegiatan belajar
6.      Bagi guru sendiri, pengembangan bahan ajar yang dibuatnya akan mempunyai manfaat tersendiri yaitu sebagai karya ilmiah guru yang dapat digunakan untuk segala keperluan termasuk bukti keprofesionalannya dan lain sebagainya
7.      Ketersediaan bahan ajar, bagi siswa akan menjadikan pembelajaran lebih menarik,membantu siswa untuk banyak kesempatan dalam belajar mandiri, dengan tidak banyak menjadikan ketergantungan pada kehadiran guru, pencapaian kompetensi yangdipersyaratkan akan lebih mudah dan terbantu dengan demikian akan membantu.
Oleh karena itu sebagai seorang guru yang diakui sebagai seorang pendidik , sebagai mitra siswa dan fasilitator dalam pembelajaran sudah merupakan kewajiban untuk membuat bahan ajar. Karena dengan bahan ajar itulah proses pembelajaran akan berjalan baik dan juga dapat mencapai suatu tujuan yang guru inginkan.
Disamping itu juga dengan bahan ajar itulah siswa akan lebih nyaman dalam belajar dalam artian bisa belajar secara  mandiri, sehingga walaupun guru tidak ada proses pembelajaran akan tetap berjalan dengan baik.

*Artikel ini sebagai tugas tugas Ujian Akhir Semester dengan mata kuliah pengembangan Bahan Ajar  yang dibina oleh Bapak ABD Kadir, M.Pd.
**Mahasiswa STIA Semester Enam ( VI)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Fawaid Zaini Aisyah - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger