Latest Movie :

REKONSTRUKSI WAJAH PENDIDIKAN KITA  DI HARI GURU NASIONAL  
                                            Oleh:  Fawaid Zaini*

Tanggal 25 November merupakan hari yang menyita perhatian para peraktisi pendidikan, dimana pada peringatan tahun ini dengan bertemakan “Memacu Profesionalisasi Guru Melalui Peningkatan Kompetensi Dan Penegakan Kode Etik” . Jika melihat pada tema yang di usung pada saat ini saya pikir sangat tepat hal itu melihat realitas pendidikan khususnya di indonesia yang masih mengurai tanda tanya besar, baik itu dari sistem maupun pada proses KBM yang terjadi dilapangan.
Dengan peringatan hari guru kali ini benar-benar dijadikan refleksi diri bagi pendidikan kita lebih-lebih pada seorang pendidik, untuk lebih meningkatkan diri menjadi guru yang dapat digugu dan ditiru, dengan kata lain guru yang tidak hanya menanamkan ranah kognitif pada siswa yang endingnya siswa hanya dibekali dengan pengetahuan akan tetapi miskin secara afektif dan psikomotoriknya.
Disamping hal diatas dengan peringatan hari guru kali ini menjadi pencerahan kembali akan pendidikan karakter yang selama ini telah menjadi kurikulum kita, akan tetapi sangat sedikit sekali feed back  nyata terhadap siswa, masih banyak siswa yang tawuran, minum-minuma keras, bahkan yang lebih ngeri lagi masih banyaknya siswa sebagai pelaku seks bebas baik itu antar siswa dengan siswa atau siswa dengan yang lainnya.
Pemandangan seperti ini  tentu suatu pemandangan yang tidak kita harapkan, pasalnya dengan pendidikan itulah manusia bisa terangkat dari ketidak berdayaan menjadi berdaya dan mampu menjadi manusia yang edial, dalam artian manusia yang dimanusiakan oleh manusia.
Oleh karena itu harapan besar saya tema yang sangat bagus itu tidak hanya sekedar tema yang tidak ada pengaruh sama sekali terhadap pendidikan kita secara umum dan guru pada khususnya. Akan tetapi tema itu adalah menjadi pecutan bagi kita semua (subjek dan objek pendidikan). Serta bisa memacu diri untuk menjadi guru yang professional dalam hal ini guru yang digugu dan ditiru oleh para siswa.

*Petani dan pengembala kambing….





Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Fawaid Zaini Aisyah - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger